Jumat, 17 Februari 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Sekolah
:
SMP RSBI DKI
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
VIII (Delapan) / 1 (Satu)
Alokasi Waktu
:
2 x 40 menit

A.     Standar Kompetensi
Memahami dasar – dasar penggunaan Internet/intranet

B.     Kompetensi Dasar
       Menjelaskan pengertian dasar-dasar Internet/Intranet

C.     Tujuan Pembelajaran
Setelah melalui studi pustaka, peserta didik mampu :
·     Menjelaskan pengertian internet dengan benar
·     Menjelaskan pengertian intranet dengan benar

D.     Materi Pembelajaran
·     Pengertian Internet/intranet

E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model         : Cooperatif Learning

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.   Kegiatan pendahuluan
·     Menyampaikan tujuan pembelajaran
·     Peserta didik membentuk kelompok diskusi (dua siswa)
2.   Kegiatan Inti
·     Masing-masing kelompok mengaktifkan DingKLIK Ilmu Komputer
·     Kelompok berdiskusi mengerjakan sesuai dengan LKS
·     Peserta didik dalam kelompoknya menemukan pengertian internet dan intranet
·     Kelompok membuat resume  tentang pengertian internet dan intranet
·     Melakukan presentasi kelompok (perwakilan 3 kelompok, kelompok lain menanggapinya)
  1. Kegiatan penutup
·   Menarik kesimpulan pengertian internet dan intranet

G.    Sumber Belajar
Komputer, lembar kerja, buku paket, CD Ilmu Komputer.








H.    Penilaian
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen Soal
1.  Menjelaskan pengertian internet

2.  Menjelaskan pengertian intranet
Tes tertulis (kelompok)

Uraian

1.   Jelaskan pengertian  Internet!

2.  Jelaskan pengertian Intranet!

Rubrik Uji Kerja:

Instrumen
Skala Skor
Nilai
(Jml.skor/24)x 100
3
2
1
Menjelaskan pengertian internet




Menjelaskan pengertian Intranet!



Jumlah



Kriteria penskoran :
Kriteria
Skor
Jika melakukan sesuai dengan prosedur
3
Jika melakukan 1 kesalahan prosedur
2
Jika melakukan 2 kesalahan prosedur
1
Jika melakukan > 2 kesalahan prosdur
0

           
Mengetahui                                                                  Jakarta,             
KepalaSekolah,                                                            Guru Mata Pelajaran



                                                                                                                       

NIP.                                                                             NIP



















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

 Sekolah
:
SMP RSBI DKI
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi & Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
VIII (Delapan) / 1 (satu)
Alokasi Waktu
:
1 x Pertemuan (2 x 40 menit)

A.     Standar Kompetensi
Memahami dasar-dasar penggunaan internet / intranet

B.     Kompetensi Dasar
Mengetahui dasar-dasar sistem jaringan
 
C.     Tujuan Pembelajaran
Melalui pengamatan dasar-dasar jaringan, peserta didik mampu :
a.       Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet dengan benar
b.      Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan intranet dengan benar
c.       Menjelaskan macam-macam topologi jaringan
d.      Menjelaskan terbentuk dan terhubungnya jaringan internet dari jaringan kecil menjadi internet

D.     Materi Pembelajaran
Dasar-dasar jaringan internet/intranet

E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan : Contekstual Teaching Learning (CTL)
Model         : Cooperatif Learning

F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama ( 2 x 40’ )
1.   Kegiatan pendahuluan
            Mengingatkan kembali pelajaran sebelumnya tentang pengertian internet/ intranet
2.   Kegiatan Inti
a.       Mengamati visualisasi tentang dasar-dasar sistem jaringan:
- internet
- intranet
b.      Mengamati jenis - jenis jaringan dan topologi jaringan
c.       Mengamati terbentuk dan terhubungnya jaringan internet dari jaringan kecil menjadi internet
3.   Kegiatan penutup
·         Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan
·         Menarik kesimpulan tentang pembelajaran dasar-dasar jaringan internet/intranet



G.    Sumber Belajar
Komputer, buku paket, koneksi internet, tayangan.

H.    Penilaian
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen Soal
1.  Menjelaskan dasar-dasar sistem jaringan internet / intranet
2.  Menjelaskan macam-macam topologi jaringan
3.  Menjelaskan terbentuk dan terhubungnya jaringan  internet dari jaringan kecil menjadi internet
Tes tertulis

Uraian

1. Jelaskan pengertian  berbagai jenis jaringan komputer!

2. Sebutkan topologi Jaringan yang ada!

3. Berikan kesimpulan mengenai terbentuknya jaringan internet


Kriteria Penskoran
Instrumen
Bobot Skor
1
Memahami  pengertian jaringan komputer
30
2
Topologi jaringan
30
3
Kesimpulan jaringan internet
40

Jumlah
100



Mengetahui                                                                  Jakarta,             
KepalaSekolah,                                                            Guru Mata Pelajaran



                                                                                                                                                               

NIP.                                                                             NIP














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

  Sekolah
:
SMP RSBI DKI
Mata Pelajaran
:
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
:
VIII (Delapan) / 1 (Satu)
Alokasi Waktu
:
2 x 40 `


A.     Standar Kompetensi
Memahami dasar-dasar penggunaan Internet / Intranet

B.     Kompetensi Dasar
            Mengenal ukuran kecepatan akses Internet.

C.     Tujuan Pembelajaran
Melalui studi pustaka dan observasi terhadap tayangan Internet, peserta didik mampu:
Ø  Mengetahui ukuran kecepatan akses Internet.
Ø  Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses berdasarkan saluran yang digunakan
Ø  Menentukan ukuran kecepatan akses Internet berdasarkan saluran yang digunakan.
Ø  Menjelaskan faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet
Ø  Menjelaskan keuntungan akses Internet yang cepat
D.     Materi Pembelajaran
Ø  Ukuran kecepatan akses Internet
Ø  Ukuran kecepatan akses berdasarkan saluran yang digunakan.
Ø  Ukuran kecepatan akses Internet berdasarkan saluran yang digunakan.
Ø  Faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet
Ø  Keuntungan akses Internet yang cepat
E.     Metode Pembelajaran
Pendekatan            : CTL
Model                    : Cooperatif Learning
F.      Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama  ( 2 X 40 )
  1. Kegiatan pendahuluan.
a.       Mengingatkan kembali materi dasar – dasar jaringan Internet.
b.      Menyampaikan tujuan pembelajaran.
  1. Kegiatan Inti.
Ø  Mencari informasi dari sumber belajar tentang kecepatan akses internet.
Ø  Melakukan akses internet dengan koneksi salah satu ISP untuk mengukur kecepatan akses internet.
Ø  Mengamatikan faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet
Ø  Menganalisis keuntungan akses Internet yang cepat
  1. Kegiatan penutup.
Ø  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.
Ø  Menarik kesimpulan tentang ukuran kecepatan akses internet.
G.    Sumber Belajar
Komputer, buku paket, koneksi internet, lembar kerja, kamus TI, CD pembelajaran


H.    Penilaian
Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen Soal
·     Menjelaskan  ukuran  kecepatan akses Internet.
·     Menyebutkan kecepatan akses internet beberapa ISP
·     Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses Internet berdasarkan saluran yang digunakan
·     Menjelaskan faktor yang mempengaruhi kecepatan akses Internet
·     Menjelaskan keuntungan akses Internet yang cepat
Tes tertulis

Uraian /
Pilihan ganda

1.  Jelaskan ukuran kecepatan akses internet!
2.  Sebutkan kecepatan akses internet pada ISP : Indosat 3, Accesnet, Wasantara!
3.  Tentukan kecepatan akses internet dengan menggunakan ISP Telkomnet
4.  Identifikasi ukuran kecepatan akses internet sesuai dengan koneksi internet yang tersedia!
5.  Jelaskan dua faktor yang mempengaruhi kecepatan akses internet!
6.  Jelaskan dua keuntungan akses internet yang cepat!

    
      Kriteria Penskoran
Instrumen
Bobot Skor
1
Memahami kecepatan akses internet
25
2
Mengidentifikasi ukuran kecepatan akses internet
25
3
Faktor yang mempengaruhi kecepatan internet
25
4
Menjelaskan kecepatan  akses internet
25

Jumlah
100

Mengetahui                                                                  Jakarta,             
KepalaSekolah,                                                            Guru Mata Pelajaran



                                                                                                                                                               

NIP.                                                                             NIP












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

 Sekolah
: SMP RSBI DKI
Mata Pelajaran
: Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)
Kelas/Semester
: VIII (Delapan) / 2 (Dua)
Alokasi Waktu
: 2 x 40 menit


A. Standar Kompetensi
Memahami dasar-dasar penggunaan Internet / Intranet

B.   Kompetensi Dasar
Mengidentifikasi      perangkat    keras   yang   digunakan   dalam akses
      Internet / intranet

C. Tujuan Pembelajaran
Peserta didik mampu:                          
Ø  Mengidentifikasi   perangkat  keras   beserta   fungsinya untuk keperluan akses Internet.
Ø  Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya  untuk keperluan akses internet
Ø  Mengidentifikasi   fungsi    perangkat  yang   digunakan   akses internet

D. Materi Pembelajaran
Ø  Persyaratan perangkat keras Internet / Intranet.

E.   Metode Pembelajaran
Pendekatan            : CTL
Model                    : Cooperatif Learning

F.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan ketiga  ( 2 X 40 )
  1. Kegiatan pendahuluan.
a.       Menyampaikan kembali mengenai materi yang pernah ditayangkan  pada pertemuan pertama dan kedua 
  1. Kegiatan Inti.
Ø  Siswa dikelompokkan menjadi 8 , setiap kelompok terdiri dari 5 siswa
Ø  Melakukan diskusi terhadap hasil pengamatan perangkat yang digunakan akses internet yang ditayangkan
Ø  Men yimpulkan hasil diskusi tentang nama-nama dan fungsi perangkat yang digunakan akses internet
Ø  Memberikan penjelasan / presentasi hasil diskusi tentang nama-nama dan fungsi  perangkat yang digunakan akses internet.
  1. Kegiatan penutup.
Ø  Melakukan refleksi bersama terhadap pembelajaran yang sudah dilakukan.
Ø  Menarik kesimpulan tentang fungsi perangkat yang digunakan akses internet.

G. Sumber Belajar
Komputer, buku TIK kelas 9, lembar kerja, koneksi internet, Kamus TIK





H. Penilaian

Indikator
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen Soal
·         Mengidentifikasi   perangkat  keras   beserta   fungsinya untuk keperluan akses Internet.
·         Mengidentifikasi peralatan beserta fungsinya  untuk keperluan akses internet
·         Mengidentifikasi   fungsi    perangkat  yang   digunakan   akses internet
Tes unjuk kerja

Tes identifikasi

1.     Amati tayangan perangkat yang diguna-kan akses Internet !


2.     Sebutkan nama-nama  perangkat yang diguna-kan akses Internet !


3.     Jelaskan fungsi masing-masing perangkat yang digunakan akses internet !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar